Thursday 9 May 2013

Tips - Tips Memilih dan Merawat Jaket Kulit


Tips - Tips Memilih dan Merawat Jaket Kulit


1. Lihat lebih teliti terutama bagian permukaan, karena untuk membedakan apakah bahannya terbuat dari  kulit asli atau kulit imitasi. Kalo bahannya kulit asli biasanya permukaannya nggak rata, pori - porinya cenderung nggak beraturan dan nggak konsisten karena natural, sehingga bila diteliti permukaannya ada bagian yang berkerut dan halus. 

2. Raba bagian permukaannya
Kalo permukannya terasa halus kemungkinan bahannya terbuat dari vinyl. Karena kulit asli biasanya agak terasa kasar apabila diraba karena adanya pori - pori tempat tumbuhnya bulu.

3. Cium Aromanya
Biasanya kulit sintetis akan berbau obat kimia polimer. Namun, Kulit asli akan berbau sesuai dengan penyamaknya. Misalnya apabila bahan penyamaknya crom, maka baunya akan seperti dengan bahan crom.

4. Coba dibakar
Cara untuk meyakinkan bahwa jaket tersebut terbuat dari kulit asli atau imitasi adalah dibakar. Kulit imitasi bila didekatkan dengan kulit akan mudah terbakar dan menyisakan bau plastik karena umumnya terbuat dari bahan plastik dan hasil akhirnya berupa gumpalan - gumpalan lengket seperti plastik yang dibakar.

5. Harga
Percaya deh, harga nggak pernah bohong. Kulit sintetik biasanya harganya murah, sedangkan kulit asli cenderung lebih mahal karena bahan bakunya terbatas dan butuh waktu yang lama untuk mendapatkannya.

Nah, untuk merawat si jaket kulitnya sendiri ada beberapa langkah khusus yang perlu kamu ketahui :
1. Jangan memakai aerosol spray
2. Usahakan tidak kena air atau hujan
3. Jangan dicuci dengan menggunakan detergen atau sabun
4. Jika jaket kulit terlanjur kena air atau hujan, jangan mengeringkan di tempat yang langsung terpapar matahari, tapi keringkan dengan menggunakan udara natural, dan hindari penggunaan dryer.
5. Hilangkan dengan segera setiap kotoran yang menempel pada jaket kulit.



Jaket Kulit

No comments:

Post a Comment